Dipandang Perlu, Gubernur Sulsel Minta PT IKI Atasi Transportasi Laut di Selayar

Dipandang Perlu, Gubernur Sulsel Minta PT IKI Atasi Transportasi Laut di Selayar

INDONESIA SATU:

MAKASSAR - Gubernur Sulsel, menerima kunjungan Direktur PT Industri Kapal Indonesia (IKI) Diana Rosa dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kepulauan Selayar, H Odding Karim, di Rumah Jabatan Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, (24/8/2020).

Mengingat kabupaten Selayar adalah daerah satu-satunya Kabupaten di Sulawesi Selatan yang seluruh wilayahnya terpisah dari daratan Sulawesi dan terdiri dari gugusan beberapa pulau. Gugusan pulau secara keseluruhan berjumlah 130. 

Salah satu yang masih menjadi kendala adalah transportasi laut yang belum terkoneksi dengan baik. Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah, kemudian meminta ini untuk diatasi, termasuk dengan menyelesaikan pembangunan kapal Ro Ro yang sempat tertunda. Kapal penyeberangan penumpang ini dipandang perlu untuk memberikan aksebilitas bagi distribusi orang, kendaraan dan barang di Selayar dan Sulsel. 

"Kapal Ro Ro yang dibangun juga diharapkan menjadi sarana transportasi yang aman, nyaman dan dapat menghubungkan daerah terisolir, " kata Nurdin Abdullah.

Gubernur juga meminta PT IKI untuk membuat kapal fiber sebanyak 20 unit bagi nelayan di pulau-pulau. Tujuannya untuk mendukung kesejahteraan masyarakat Sulsel. Hal ini mengingat Sulsel memiliki 330 pulau dengan potensi yang sangat luar biasa. 

Rencananya, pembangunan kapal Ro Ro tahun ini dimulai oleh PT IKI, ditarget progres 20-30 persen. Kemudian dilanjutkan di tahun 2021. Sebagai industri perkapalan di Sulsel, PT IKI sangat mendukung dan mensupport program-program Gubernur untuk memajukan Sulsel. Khususnya yang terdiri dari banyak pulau untuk konektivitasnya bagi pariwisata dan nelayan. (***)

Sul-sel
Ryawan Saiyed

Ryawan Saiyed

Gubernur Sulsel Tinjau Pembangunan Bandara Sultan Hasanuddin Next Article

Gubernur Sulsel Tinjau Pembangunan Bandara Sultan...

Related Posts